a college student from gunadarma university
elah-suryani. Powered by Blogger.

Thursday, December 1, 2011

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Dalam kehidupan bermasyarakat, sering kita mengenal yang dinamakan pelapisan social  dan kesamaan derajat . Apa itu pelapisan social? Dan apa itu kesamaan derajat? Pelapisan social atau stratifikasi social adalah pengelompokan masyarakat secara bertingkat. Maksudnya,   membedakan antar golongan masyarakat mulai dari tingkat kekayaan, derajat, pendidikan dan sebagainya yang apabila pelapisan social tersebut di lakukan dengan berlebihan dengan  membedakan masyarakat yang satu dengan yang lain maka akan berdampak pada perselisihan antar tingkatan.


Pengertian pelapisan sosial menurut para ahli :
1.       Menurut Pitirim A. Sorokin , pelapisan social adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis).
2.       Stratifikasi sosial menurut Drs. Robert M.Z. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
3.       statifikasi sosial menurut max weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.

Dari pengertian-pengertian menurut para ahli diatas, dasar pembentukan pelapisan social dapat disimpulkan karena  :

1.       ukuran kekayaan
kekayaan dapat dijadikan penempatan pelapisan anggota masyarakat, dimana masyarakat yang mempunyai  kekayaan paling bannyak maka akan menempati posisi teratas dalam pelapisan social, sebaliknya jika masyarakat yang mempunyai kekayaan minim atau dibawah rata-rata maka ia akan digolongkn sebagai lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat dari tempat tinggal, barang-barang tersier, cara berpakaian, cara hidup dan sabegainya.

2.      Ukuran kekuasaan dan wewenang
Seseorang yang mempunyai kekuasaan atau wewenang paling besar akan menempati lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial dalam masyarakat yang bersangkutan. Ukuran kekuasaan sering tidak lepas dari ukuran kekayaan, sebab orang yang kaya dalam masyarakat biasanya dapat menguasai orang-orang lain yang tidak kaya, atau sebaliknya, kekuasaan dan wewenang dapat mendatangkan kekayaan.

3.      Ukuran kehormatan
Ukuran kehormatan dapat terlepas dari ukuran-ukuran kekayaan atau kekuasaan. Orang-orang yang disegani atau dihormati akan menempati lapisan atas dari sistem pelapisan sosial masyarakatnya. Ukuran kehormatan ini sangat terasa pada masyarakat tradisional, biasanya mereka sangat menghormati orang-orang yang banyak jasanya kepada masyarakat, para orang tua ataupun orang-orang yang berprilaku dan berbudi luhur.


Dalam pelapisan social yang terjadi di masyarakat ini, tentu  terdapat kelebihan dan kekurangan yang ada. kelebihannya tentu memberi tanda serta mengelompokkan sehingga mudah terbagi-bagi. kekurangan, jelas pengelompokkan seperti ini menimbulkan adanya diferensiasi sosial yang membawa efek negatif dalam bersosialisasi karena adanya perbedaan tersebut.

Dari pelapisan social yang terjadi di masyarakat, kesamaan derajat juga berpengaruh agar kehidupan di masyarakat tidak jomplang, atau istilah lainnya agar netral antar golongan masyarakat, sehingga tidak terjadi pelapisan social.
Kesamaan derajat dalam istilah dibidang Kewarganegaraan adalah sama dalam arti tidak membedakan atau mengistimewahkan seseorang.  Kesamaan derajat  tidak dilihat dari apakah orang itu memiliki harta , derajat yang tinggi, seperti hal nya pada kaum biasa dan pejabat yang sama dimata hukum, tidak ada perbedaan. Namun dalam kenyataan dilapangan, kesamaan derajat di Indonesia masih sukar ditemukan, banyak contoh dalam kasus hukum yang terjadi, apabila pejabat Negara yang terkena kasus hukum, maka bukan tidak mungkin sang pelaku tidak terkena sanksi hukum apapun, karena bisa dilihat dari sisi derajat dan harta, mereka bisa memutar balikan fakta, yang seharusnya diatur hukum, jadi mengatur hukum. Sungguh ironis memang, kesamaan derajat yang diimpikan agar kehidupan masyarakat bisa damai malah dijadikan sebuah ungkapan semata. Dalam arti lainnya , Kesamaan derajat adalah sifat perhubungan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik artinya orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah Negara.

Jadi, walaupun yang namanya pelapisan social memang tak mudah untuk dihindari dalam artian, pasti terjadi  dalam kehidupan bermasyarakat, namun kesamaan derajat harus tetap dijaga, agar kedamaian tercipta dengan baik tanpa harus ada perbedaan antar sesama masyarakat, juga bisa berperan Dallam usaha memajukan Negara karena kesamaan derajat tersebut.




0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates