a college student from gunadarma university
elah-suryani. Powered by Blogger.

Saturday, June 8, 2013

Analisis SWOT Tentang Perusahaan Google


Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk megevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau spekulasi bisnis.  Dalam hal ini penulis akan mengidentifikasi faktor  internal  dan eksternal yang dapat berngaruh dari perusahaan ternama yaitu Google Inc dengan menggunakan analisis SWOT  seperti berikut  ini :

             Strenght (kekuatan)


1.       Google memliki Brand nama yang sangat terkenal dan diakui didunia dengan fasilitas mesin pencariannya dalam bidang internet.  Karena brand nama google yang terkenal tersebut, biasanya masyarakat awam pengguna internet lebih banyak menggunakan google sebagai search engine  favorite mereka. Hal ini menyebabkan Google menjadi mesin pencarian yang paling sering digunakan.
2.       Google memiliki banyak karyawan yang cerdas dan memiliki ide-ide yang brilian sehingga dapat menciptakan produk-produk baru yang canggih dan inovatif. Keberadaan karyawan yang cerdas ini tentunya disaring dengan melalui pemilihan yang ketat.
3.       Platform Google sangat ideal untuk tujuan periklanan, karena pelanggan dapat memasukkan data apa saja yang sedang mereka cari, sehingga memungkinkan pihak Google untuk memberikan biaya lebih dalam hal periklanan melalui fasilitas mesin pencariannya.
4.        Platform perangkat lunak Android milik Google yang memungkinkan Google mencapai pasar ponsel dan dengan demikian dapat menghasilkan pendapatan yang banyak karena mereka dapat menjalankan iklan pada platform ini.

 Weaknesses (kelemahan)

1.       Goggle menawarkan banyak layanan, seperti : Android,  e-mail, foto dan video sharing, Google Drive, YouTube, Google maps dan banyak layanan lainnya yang dapat diakses  secara gratis. Sedangkan pengadaan layanan-layanan tersebut  membutuhkan banyak uang dan tenaga kerja untuk memperbarui dan menjalankannya.
2.       Perusahaan Google yang semakin maju saat ini diperkirakan akan semakin lambat dalam mengambil rencana dan keputusan bagi perusahaannya dikedepannya,  sehingga akan sangat mudah bagi pesaing untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan tepat dapat merebut posisi pasar Google.
3.       Google merupakan “saingan” dengan beberapa perusahaan kuat dan terbesar didunia (seperti Microsoft  dan Apple) sehingga tidak dapat dipungkiri apabila saingan tersebut akan fokus untuk mengeluarkan produk baru yang khusus untuk menjatuhkan produk buatan Google.

 Opportunity (peluang)

1.       Di Cina, sebuah pasar internet yang sangat besar,  16,6% dari pasar dimiliki oleh Google. Sehingga perusahaan ini masih memiliki banyak ruang untuk tumbuh di pasar yang sangat besar ini.
2.        Jika Google bisa menangani baik perangkat keras dan perangkat lunak dari sisi perangkat Andorid, seperti Apple dengan iOS dan iPhone, Google akan meraup keuntungan yang jauh lebih besar.
3.       Google+ menempatkan Google di pasar media sosial yang berkembang pesat, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menciptakan pendapatan iklan lebih.
4.       Keuntungan yang sangat menarik akan didapatkan oleh para karyawan Google memungkinkan para pekerja yang cerdas maupun kreatif akan mendaftarkan diri mereka pada perusahaan Google ini sehingga Google tidak akan kekurangan karyawan yang kreatif.

Threats (ancaman)

1.       Sementara Google masih di mesin pencari utama disebagian besar dunia, Bing dan pesaing lainnya mulai menduplikasi kesuksesan Google.
2.       Jika dalam beberapa skenario Google kehilangan kemampuan mereka  untuk menjangkau pelanggan dengan iklan-iklan, mereka mungkin harus mengenakan biaya untuk layanan mereka yang pada akhirnya akan mendorong pelanggan pergi.
3.       Salah satu ancaman dari kesuksesan Google adalah pemerintah Cina, karena tanpa pemerintah Cina dipihak mereka tidak akan mungkin mereka mendapatkan banyak daya tarik disalah satu pasar internet terbesar di dunia.

Dari analisis tersebut, banyak peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Google. Seperti pada sosial media, google sendiri memiliki Google+. Dalam hal ini, jika Google dapat membuat Google+ lebih inovatif dan berbeda dari sosial media  lainnya, maka tidak dapat dipungkiri jika nanti sosial media seperti facebook akan dikalahkan oleh Google+.
Begitupun halnya dengan ancaman, seperti ancaman yang akan mendorong pelanggan pergi adalah jika pihak Google kurang kreatif dalam menjangkau pelanggannya lewat iklan-iklan. Maka jangan sampai layanan-layanan gratis yang telah diberikan Google harus dikenakan biaya yang akan berdampak bagi berkurangnya pelanggan Google. 


1 comments:

Anya Bennett. said...

halo saya anya bennett, seorang penulis keuangan. saya menulis di beberapa topik terkait keuangan seperti utang, pinjaman, asuransi, investasi dan sebagainya. saya menemukan blog Anda saat berselancar di internet untuk menemukan blog yang cocok untuk menulis artikel. itu sangat banyak akal dengan konten yang kaya dan bagus dan memiliki presentasi yang jelas. saya harus menghargai kerja keras Anda dan berharap Anda beruntung. saya bertanya-tanya apakah ada orang di sini yang mencari pemberi pinjaman pinjaman positif untuk melaksanakan proyek atau kebutuhan keuangan Anda? saya merekomendasikan orang tersebut untuk menghubungi mr pedro jerome (pedroloanss@gmail.com) yang telah membantu banyak pengusaha muda & tua di seluruh dunia untuk bantuan keuangan jadi saya sangat yakin bahwa mr pedro dapat membantu di tingkat 2. layanan pinjaman kepada siapa pun di sini mencari pinjaman. terima kasih sekali lagi telah mengizinkan saya untuk menulis di blog Anda. Saya yakin saya telah memberikan Anda artikel yang benar-benar unik dan relevan sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca Anda. jika Anda tidak senang dengan catatan singkat saya, saya dengan hormat menyesalinya sebelumnya. salam hormat saya, anya bennett.

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates