a college student from gunadarma university
elah-suryani. Powered by Blogger.

Wednesday, July 10, 2013

Grafik Pengguna Wikipedia (Visualisasi Informasi)

Wikipedia merupakan ensiklopedia digital, terlengkap dan bebas disunting oleh siapapun. Dalam Wikipedia terdapat 285 bahasa untuk mendapatkan informasi yang kita inginkan. Wikipedia juga tersedia dalam 9 bahasa daerah indonesia. Hal ini memungkinkan jumlah pengguna wikipedia di Indonesia semakin meluas. Berikut merupakan grafik mengenai jumlah pengguna Wikipedia terhitung sejak bulan September 2005 hingga bulan May 2012.



Dari data grafik diatas dapat ditemukan informasi mengenai jumlah pengguna secara keseluruhan dan jumlah pengguna baru setiap bulannya. Terhitung sejak September 2005 hingga May 2010 jumlah pengguna baru mengalami peningkatan yang cukup tingggi meskipun sempat mengalami penurunan sedikit pada bulan Januari 2007. Lain hal nya dengan perkembangan jumlah pengguna secara keseluruhan yang mengalami peningkatan tinggi hingga May 2012, jumlah pengguna baru perbulan mengalami penurunan yang cukup drastis  pada bulan Januari 2011 yang kemudian meingkat kembali pada bulan September 2012.

Dari grafik diatas tidak hanya data peningkatan maupun penurunan pengguna yang dapat dipaparkan, namun jumlah keseluruhan pengguna dalam angka juga dapat dijelaskan. Misalnya pada May 2006 terdapat sekitar 4.000 jumlah pengguna baru, begitupun halnya pada bulan-bulan lainnya.


Dalam melihat grafik seperti pada gambar diatas, kita sebagai pengguna informasi dapat memaparkan informasi yang didapat hanya dalam bentuk sebuah gambar. Seperti kita dapat melihat dan menentukan bagaimana peningkatan dan penurunan pengguna Wikipedia setiap bulannya, juga dapat melihat jumlah pengguna keseluruhan dalam bentuk angka. Hal ini disebut juga sebagai visualisasi informasi.


Sumber:
1. http://commons.wikimedia.org/wiki/File:Indonesian_Wikipedia_users_statistics.png
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Wikipedia_adalah_ensiklopedia





0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates