a college student from gunadarma university
elah-suryani. Powered by Blogger.

Friday, December 21, 2012

PUASA DAUD

PUASA DAUD

Apa sih puasa Daud itu?  Temen-temen pasti tau kan kalau dalam islam ada yang dinamakan puasa sunnah. Nah, puasa Daud ini merupakan salah satu dari jenis puasa sunnah . Tapi tau gak si, kalau ternyata puasa Daud ini merupakan puasa sunnah yang paling istimewa dimata Allah?.  Loh? Kok bisa paling istimewa yah?
Usut demi usut, haha. Waktu ana denger  di radio yang lagi ngebahas puasa Daud  dikatakan bahwa puasa Daud ini merupakan puasa yang seimbang, dimana bisa  mengingatkan kita dalam hidup ini harus bisa seimbang antara  kehidupan dunia maupun akhirat. Kenapa gitu?
Iya, jadi seperti pada konsep pelaksanan puasa daud, dimana  melaksanakan  sehari puasa dan hari berikutnya tidak, hari setelahnya berpuasa lagi dan kemudian tidak lagi, dan begitu seterusnya.
Rasulullah Muhammad saw bersabda:
“Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu. ” (HR. Bukhari No : 1840)

Contoh dari puasa Daud adalah : jika kamu berpuasa pada hari senin, kemudian pada hari selasa kamu tidak harus berpuasa, dan dilanjutkan puasa lagi pada hari rabu, begitupun seterusnya.
Dalam islam juga dikatakan bahwa hidup itu harus seimbang, tidak bisa hanya selalu mengedepankan kehidupan dunia saja  dan begitupun sebaliknya, tidak boleh hanya mengedepankan kepentingan akhirat saja sedangkan  kehidupan dunia ditelantarkan, dan orang-orang yang seperti itulah yang tidak disukai oleh Allah SWT.

sebenernya apa si keuntungan kita melaksanakan puasa Daud (sehari puasa, sehari tidak)? Em. simple aja, pertama yang pasti pahala yang kita dapat. hehe

Kedua,  dengan berpuasa Daud insyAllah kesehatan tubuh kita dapat selalu terjaga dengan baik.
Dan yang ketiga, dapat  meningkatkan nilai iman kita terhadap Allah SWT karena dengan adanya begitu banyak ibadah wajib yang mesti atau harus  kita jalani setiap harinya. Jika seeorang berpuasa setiap hari tanpa henti, maka ia pasti akan meninggalkan beberapa kewajibannya. sehingga puasa yang paling baik untuk dipilih yakni puasa Daud  dimana seseorang akan lebih memperhatikan kewajiban-kewajibannya dan ia dapat meletakkan sesuatu sesuai dengan porsi yang benar.

Oya, puasa Daud itu dapat dilaksanakan sepanjang tahun, selama tidak dilaksanakan pada hari-hari yang dilarang untuk berpuasa. Seperti 2 hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan hari Tasrik. J

Sekian, semoga bermanfaat dan berniat untuk menjalankan puasa Daud ini. 

0 comments:

Post a Comment

Template by:
Free Blog Templates